Wajah Cerah dengan Whitening Series dari Pratista

Kamu udah pernah nyobain produk perawatan wajah lokal apa aja nih?
Sekarang produk-produk skincare lokal Indonesia sudah semakin bagus kualitasnya , jadi aku makin semangat untuk nyobain aneka produk skincare lokal yang ciamik ini.

Aku berkesempatan nyobain salah satu produk lokal , Pratista. Pasti brand ini sudah ga asing lagi sama kamu ya. Pertama kali aku tau brand Pratista ini adalah saat salah satu influencer skincare yang aku ikuti di Instagram , bekerja sama dengan Pratista membuat produk face mist. Banyak penggiat skincare yang mencoba face mist itu, mengatakan bagus dan menjadi produk HG (holy grail) mereka. Jadi ngilerr dong!

Ada serangkaian perawatan wajah yang aku cobain : Foamy Cleansing Foam , Vit C Serum, Advance Whitening Day Cream dan Advance Glow Night Cream. Aku akan ceritain satu-satu di bawah ini ya.

Foamy Cleansing Foam

Cleansing foam ini sebagai second cleanser di malam hari setelah pemakaian oil based cleanser. Sedangkan di pagi hari, bisa langsung dipakai untuk membersihkan wajah .

Aqua, Propanediol, Butylene Glycol, Hamamelis Virginiana Extract, Cocoamidopropyl Betaine, SodiumBenzoate, Methylparaben, Acetyl Hexapeptide-8, Caprylyl Glycol, Sodium Hyaluronate, Phenoxyethanol, Sodium Lauroyl Sarcosinate, Methylchloroisothiazolinone, Methylisothiazolinone, Tetrasodium EDTA, Sodium Chloride, Ethylhexylglycerin, Panthenol, Propylene Glycol, Chamomilla Recutita Flower Extract, Sorbic Acid, Potassium Sorbate, Tocopheryl Acetate, Disodium EDTA, Sodium Benzotriazolyl Butylphenol Sulfonate, Buteth-3, Tributyl Citrate, Retinyl Palmitate.

Bahan andalan dalam cleansing foam ini adalah Chamomile Extract yang berfungsi memaksimalkan proses pembersihan dengan tetap menjaga kelembaban alami kulit sehingga kulit tetap lembut, lembab dan segar.

Kemasan

Dari segi kemasan, aku suka, karena modelnya memudahkan pemakaian. Botol dengan ujung nya seperti corong, mengeluarkan produk dalam bentuk foam sehingga bisa langsung dipakaikan ke wajah tanpa sensasi lengket.
Botolnya berukuran 100 ml dengan harga Rp 100.000,-

Warna dan Tekstur

Ketika kita mengeluarkan isi dari kemasan, kita akan langsung mendapatkan produk dalam bentuk foam (busa) berwarna putih. Busa ini lembut dan nyaman , ketika sampai di kulit pun, terasa lembut.
Ketika aku mencobanya di tanganku, aku bisa merasakan ia tidak membuat kering dan nyaman di kulit.

SCORE

Aku belum sepenuhnya memasukkan pembersih wajah Pratista ini ke dalam rutin skincare ku. Alasannya aku saat ini sedang hamil dan produk ini mengandung Methylparaben dan juga Retinyl Palmitate.
Paraben seperti yang kita tahu saat ini masih menimbulkan banyak kontroversi. Walaupun hasil penelitian oleh The Centers for Disease Control (CDC) di tahun 2005-2006 , menunjukkan bahwa Methylparaben dapat dengan cepat dikeluarkan oleh tubuh melalui urin dan memiliki tingkat bahaya yang rendah bagi tubuh. Zat ini juga belum memiliki bukti yang cukup bisa memicu timbulnya kanker kulit dan masalah di sistem reproduksi.
Satu lagi zat yang membuatku ragu, Retinyl Palmitate. Zat ini adalah turunan dari vitamin A, atau dalam dunia perawatan kulit biasa disebut sebagai keluarga Retinoids. Hampir semua sumber yang kubaca menyarankan untuk menghindari paparan Retinoid selama kehamilan. Retinoid yang dikonsumsi secara oral dalam jumlah tertentu dapat menyebabkan gangguan yang berarti bagi janin. Untuk penggunaan topikal (di kulit) sendiri sebenarnya tidak memiliki efek seberat bila Retinoids dikonsumsi secara oral. Namun para praktisi kesehatan menyarankan untuk menghindari penggunaan zat ini selama kehamilan, kecuali untuk kondisi yang sangat penting dan tentunya harus diawasi oleh dokter.

Diluar isu komposisi di atas, untuk tekstur dan kenyamanannya di kulit, aku memberikan nilai

4 / 5

Vit C Serum

Aqua, Propylene Glycol, Ethyl Ascorbic Acid, Xanthan Gum, Niacinamide, Pentylene Glycol, Tamarindus Indica Seed Extract, Methylparaben, Sodium Metabisulfite, Potassium Hydroxide.

Bahan andalan di serum ini adalah Niacinamide dan Tamarind Seed Extract yang dapat mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam.

Kemasan

Serum Vit C ini dikemas dalam botol mungil berukuran 8ml. Botolnya dilengkapi dengan aplikator model pump sehingga memudahkan untuk mengeluarkan serum dari kemasan dengan ukuran yang sesuai. Aku cukup suka karena ia menjadi praktis tidak memenuhi tempat. Kekurangannya, karena isinya cukup sedikit, kita harus memastikan supaya posisi botol tetap berdiri tegak. Karena kalau tidak pas, serum jadi agak susah untuk dikeluarkan.
Harga Rp 125.000,-

Warna dan Tekstur

Serum ini memiliki warna bening , tekstur nya berupa cairan agak kental (kusebut agak karena dia masih tergolong runny) dan tidak memiliki wangi. Hanya ada bau khas dari serum ini, seperti bau yang sedikit kecut. Di awal pemakaian agak mengganggu, tapi lama kelamaan saat sudah terbiasa jadi udah biasa.

Hasil Pemakaian

Aku pakai serum ini sudah sekitar 1 bulan. Untuk ukurannya yang hanya 8ml, cukup awet juga. Aku hanya pakai di pagi hari dan menggunakan 2 pump serum sekali pakai. Kenapa cuma kupakai sehari sekali? Alasan utama karena aku sedang hamil. Konon kalau hamil kulit kita jadi lebih sensitif kan ya. Nah makanya aku membatasi penggunaan produk2 yang berfungsi mencerahkan. Alasan lainnya, vitamin c itu semakin baik performanya ketika dilapis dengan sunscreen. Jadilah aku hanya memakai serum ini 1 kali di pagi hari.
Hasil yang aku rasakan setelah 1 bulan pemakaian, aku bisa merasakan warna kulitku yang kembali menjadi cerah merata. Selama trimester awal kehamilan, aku sama sekali menghindari produk yang mencerahkan kulit. Itu dia kenapa aku merasakan warna kulit wajahku jadi sedikit menggelap. Setelah lewat masa trimester awal, aku mulai memakai serum vitamin c ini, alhamdulillah aku dapat merasakan tone kulit wajahku kembali seperti sedia kala.

SCORE

4 / 5

Walaupun baunya yang sedikit mengganggu, aku tetap suka dengan serum ini. Selain efektif, ia juga tetap hemat dipakai walaupun isinya yang sekilas terasa sedikit. Nyatanya aku sudah pakai selama sebulan dan masih belum habis. Jadi okee aku suka!

Advance Whitening Day Cream

Ini adalah krim yang dipakai di pagi hari. Kenapa harus pagi? Yaa namanya aja Day Cream. Hehehe.. Krim ini mengandung SPF 30, itu dia kenapa ia harus dipakai di pagi hari. Udah tau kan alasan kenapa SPF baiknya pertama kali dipakai saat masih pagi?

INGREDIENTS

Aqua, Niacinamide, Bis-Hydroxyethoxypropy, Dimethicone, propylene Glycol, Cetearyl Alcohol, Stearic Acid, Ethylhexyl Methaxycinnamate, steareth-20, Steareth-2, titanium Diooxide, methylene Bis-Benzotriazoly -3, Cyclotetrasiloxane, Tocopherol Diooxide, methylene Bis-Benzotriazoly -3, Cyclotetrasiloxane, Tocopherol Almunium Hydroxide, Imidazolidinyl Urea, Methylparaben, BHT, Disodium EDTA, Propylparaben, CI 19140,CI15985

Kemasan

Krim ini dikemas dalam wadah berukuran 12,5 gr. Harganya 80rb, cukup terjangkau ya! Aku lumayan suka dengan kemasannya, dikasih lapisan pemampat sebelum penutup paling luar, jadi untuk memastikan si krim ini ga akan tumpah-tumpah. Sayangnya ga dikasih spatula jadi kamu kudu siapin spatula sendiri untuk colek2 yah!

Warna & Tekstur

Krim ini warnanya putih dengan tekstur yang cukup padat. Sekilas tampak seperti ada bulir-bulir halusnya, tapi kalau sudah dipakai, bisa langsung terserap dengan baik di kulit. Ada sedikit tone up setelah pakai krim ini.

Bisa dilihat pada gambar tangan di bawah, aku pakai di sebelah kanan (dekat ibu jari). Ada sedikit perubahan warna kulit lebih putih di area yang baru kupakaikan krim.

Untuk masalah aroma, krim ini ga ada wangi yang menusuk. Ada sedikit wangi lembut mungkin aroma dari bahan-bahan yang dipakai.

Cara Pakai

Dipakai setelah selesai menggunakan semua skincare pagi hari. Karena mengandung kandungan sunscreen, jadi dia bisa dipakai juga sebagai moisturizer sekaligus sunscreen. Jangan lupa untuk reapply minimal 3 jam sekali dan memakainya dalam jumlah yang cukup banyak untuk menutupi seluruh area wajah kalau memakai ini sebagai sunscreen ya!

SCORE

Karena aku belum mencobanya, jadi aku belum bisa kasih score gengs! Hehehe.. Akan aku update kalau sudah mulai kupakai yah!

Advance Glow Night Cream

Merupakan krim malam yang memiliki kandungan utama Niacinamide dan Glycerin, untuk melembabkan dan membantu mencerahkan kulit wajah secara merata serta membuat tekstur kulit halus dan lembut.

Aqua, Caprylic/Capric Triglyceride, Niacimide, Glycerin, Glyceryl Stearate SE, Cetearyl Alcohol, Stearic Acid, Phenyl Trimethicone, Tranexamid Acid, Ammonium Acryloydimethytaurate/VP Coprylyl Glycol, Cetyl Alcohol, Tocopheryl Acetate, Carbomer, Aminomethyl Propanol, Disodium EDTA, BHT, Retinyl Palmitate, CI 19140,CI 15985.

Kemasan

Dengan jar / cepukan berukuran 12,5 gr dan harganya sama dengan krim pagi yaitu Rp 80.000,-

Warna & Tekstur

Berbeda dengan krim pagi nya, krim malam dari seri Whitening Pratista ini warnanya kuning cerah. Teksturnya juga terlihat lebih halus daripada si krim pagi. Ketika kucoba di tangan, terasa krim ini memberikan lapisan di kulit yang membuat kulit jadi terasa halus dan lembut. Krim ini memiliki aroma kimia yang sedikit lebih tajam dibandingkan krim pagi nya.

Cara Pakai

Tadinya aku sudah sangat semangat akan mencoba memakai krim malam ini, sayangnya ketika aku lihat di daftar komposisi, ada Retinyl Palmitate (italic) yang berarti ada kandungan retinoid di dalam krim malam ini. Karena saat ini aku sedang hamil, jadi aku belum berani memakai produk yang memiliki kandungan retinoid.

Untuk cara pakai yang tertera di kemasannya, krim ini bisa diaplikasikan pada wajah setelah wajah dibersihkan. Kalau kamu pakai rangkaian perawatan lain seperti toner, essence, serum, kamu bisa pakai rangkaian itu sebelumnya lalu memakai krim ini pada langkah terakhir (sebagai moisturizer). Pakai krim ini tipis tipis dan hindari area wajah yang sensitif seperti cuping hidung, bawah mata dan area bibir.

KESIMPULAN

Produk lokal dari Pratista ini bisa masuk dalam daftar skincare untuk kamu yang ingin pakai perawatan yang aman, mudah didapatkan dan memberi hasil yang nyata. Aku suka terutama dengan serum vitamin C nya yang sudah rutin aku gunakan. Serumnya tidak keras di kulit, namun hasil yang diberikan ke kulit ku dapat terlihat dan membantu merawat kulitku dengan baik.

Kalau kamu ingin membeli produk dari Pratista, kamu bisa langsung mengunjungi toko online di Shopee, atau untuk melihat koleksi lengkap perawatan yang dikeluarkan Pratista, langsung aja main ke web nya Pratista di : https://pratistaskincare.com yah!

Leave your tread here please :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.