Hal yang Belum Kamu Tahu Tentang Sheet Mask

Siapa yang belum pernah pakai sheet mask? Buruan komen!

Siapa yang ga tau apa itu sheet mask? Komentar juga ya.. hihihi..

Sheet Mask. Oke deh, aku jabarkan sedikit tentang sheet mask sebelum kita bahas lebih lanjut ya.
Sheet mask adalah kertas yang khusus dibuat untuk perawatan wajah, yang sejak jaman dulu sering kita sebut dengan maskeran. Terus, apa bedanya sheet mask dengan masker biasa?
Umumnya sheet mask ini dikemas satuan sehingga mudah untuk dibawa dan dipakai di mana saja. Nah, supaya praktis, kertas sheet mask itu diberi essence yang mengandung khasiat untuk kulit wajah. Khasiat nya apa? Macam-macam, ada yang berkhasiat untuk melembabkan, menjaga elastisitas kulit wajah, meredakan kulit iritasi, mencerahkan kulit wajah, daan masih banyak khasiat lainnya, tergantung sheet mask yang kamu beli. Tapi kebanyakan sheet mask yang dijual itu khasiat yang diunggulkannya adalah untuk mengembalikan dan meningkatkan kelembaban kulit wajah.

Emangnya wajah lembab itu penting ya? Weiss! Jangan salah, untuk kamu yang masih berpikir tujuan utama perawatan kulit itu supaya warnanya lebih cerah (putih), berarti konsep kamu terhadap kecantikan masih belum tepat nih. Tubuh kita 60% komposisinya adalah air. Jadi jelas, air adalah komponen yang penting banget untuk tubuh terutama kulit. Kulit yang lembab adalah kulit yang cukup kadar airnya sehingga tampak sehat bercahaya . Itu dia kenapa khasiat yang diunggulkan di dalam sheet mask adalah untuk melembabkan.

Oke, sekarang udah kenal sama sheet mask ya, jadi ga roaming nih kita.

So, apa aja yang kira-kira kamu belum tahu tentang sheet mask?

Kita mulai dari cara dan aturan pemakaian nya ya ! Untuk caranya, gampang banget, sheetmask tinggal dibuka kemasannya (bisa dengan gunting, atau langsung disobek bagian atasnya), lalu ambil kertas sheet mask yang ada di dalamnya. Jangan kaget kalau berair ya, semua sheet mask itu berair yah gaes, tidak ada yang kering. Kecuali kalau kamu beli kertasnya aja, untuk dikasih essence terpisah. πŸ™‚
Untuk mengurangi tumpahan essece saat mengambil si kertas masker dari dalam kemasan , kalian bisa sedikit menekan kertas saat masih di dalam kemasan dari bagian luar kemasan, supaya essencenya turun terperas. Setelah si kertas tidak terlalu basah lagi, kertas masker nya bisa langsung kamu buka dan pakaikan ke wajah. Silahkan kamu cari posisi yang pas untuk lubang mata, hidung dan mulut. Setelah oke, baru deh sisa essence yang tadi masih banyak di dalam kemasan, kamu balurkan ke atas kertas masker yang sudah berada di wajah kamu.

Nah, bagaimana aturan pakai nya?
Seperti yang sudah aku bahas di atas, umumnya sheet mask berfungsi untuk melembabkan wajah. Nah supaya dapat khasiat lembabnya optimal, kamu bisa pakai setiap hari, minimal 1 minggu sekali.
Kelebihan sheet mask adalah, ia bisa memberi efek rasa tenang dan nyaman saat dipakai. Jadi ide yang bagus banget kalau kamu meluangkan waktu 20 menit khusus untuk santai menikmati sheet mask di wajah kamu.
Pasang alarm kalau kamu tipe pelupa. Jangan sampai lebih dari 20 menit (atau waktu yang dianjurkan di kemasannya) ya. Karena kalau terlalu lama, bukannya berkhasiat, malah kertas masker itu bisa menyedot kembali kelembaban dari wajah kamu.
Soo becareful to not over time when using it.

Selanjutnya, sehabis pakai sheet mask, kamu bisa langsung melanjutkan memakai perawatan wajah kamu tanpa harus cuci muka. Eeh, malah tidak boleh cuci muka setelah pakai sheet mask ya. Nanti yang ada kamu malah rugi, karena essence melimpah yang udah dikasih ke muka selama 20 menit itu hilang terbilas air. Huhuhu..

Okay, next!
Kamu tau ga sih, jenis kertas yang dipakai sheet mask itu ada bermacam-macam? Itu dia yang menyebabkan harga sheet mask juga berbeda-beda. Ada yang murah di kisaran 10 – 20 ribu rupiah per sheet, ada juga yang mahal sampai menyentuh harga 500rb per sheet loh. Selain memang kandungan konsentrasi essence nya , si material kertas juga mempengaruhi harga sebuah sheet mask.

Walaupun buanyak jenis material sheet mask, ada beberapa material yang umum dipakai untuk sheet mask, yaitu :

1.Bahan non woven

Ciri bahan ini :
* Datar, kertas berpori yang dibuat langsung dari serat terpisah, contohnya seperti yang digunakan pada tisu basah, popok sekali pakai.
* Murah
* Bisa bernafas
* Daya hantar serum untuk menyerap ke dalam kulit, kurang baik
* Tidak melekat sempurna dengan wajah, sehingga sulit untuk dipaskan di wajah

2. Katun

Ciri bahan ini :
* Berasal dari serat natural tumbuhan katun , contohnya seperti yang digunakan pada pakaian, handuk, dan lain lain
* Murah
* Lembut dan bisa bernafas
* Memiliki daya hantar ke dalam kulit yang lebih baik dibanding bahan non woven
* Tidak melekat sempurna dengan wajah, sehingga sulit untuk dipaskan di wajah

3. Hydrogel

Ciri bahan ini :
* Memiliki struktur jaringan polymer biocompatibel 3D (biasanya digunakan pada luka dan kerusakan kulit di dunia medis)
* Kemampuan hantar yang sangat bagus dan memiliki efek dingin
* Bisa melekat di wajah dengan baik, sehingga mudah disesuaikan dengan bentuk wajah
* Tidak tembus udara
* Umumnya memiliki bagian yang berbeda pada satu kertas (atas dan bawah)
* Bahan kimia yang terkandung di jenis tertentu pada proses pembuatan bahan hydrogel ini bisa mengiritasi kulit
* Umumnya mahal

4. Bio – Cellulose (Selulosa)

Ciri bahan ini :
* Tipe bahan non woven yang berasal dari selulosa mikro, bukan selulosa yang berasal dari tumbuhan
* Daya lekat ke kulit lebih baik daripada katun, tapi tidak sebaik hydrogel
* Daya hantarnya ke dalam kulit sangat bagus
* Bisa tembus udara
* Versi terbaru yang keluar setelah teknologi hydrogel untuk meningkatkan dampak negatif dari bahan non woven, tapi tidak senyaman hydrogel
* Harganya sedikit lebih mahal

5. Ecoderma

Ciri bahan ini :
* Generasi terbaru dari bahan sheet mask yang dikembangkan dengan teknologi terkini
* Kombinasi dari sifat terbaik bahan non woven dan natural hydrogel
* Bisa tembus udara
* Melekat di kulit dengan sangat baik dan bisa dipaskan dengan baik pula
* Bisa menghantarkan serum jauh ke dalam kulit
* Aman dan nyaman di kulit
* Mahal

Gimana, kamu sudah pernah nyobain sheet mask belum?
Sheet mask apa sih favorit kamu?

Silahkan tinggalkan komentar untuk pertanyaan lain mengenai sheet mask yang masih bikin penasaran ya!

Advertisements

15 thoughts on “Hal yang Belum Kamu Tahu Tentang Sheet Mask

Leave your tread here please :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.