[review] X2 Ice Softlens No.1 Blue

X2 Ice Softlens No.1 Blue

Assalamualaikum πŸ™‚

Ceritanya aku dan temen-temen dari Beauty Blogger Pekanbaru hari Minggu, 4 Nov 2018 kemarin baru aja ngadain event untuk umum pertama kalinya. Alhamdulillah banget ternyata antusiasmenya cukup luar biasa. Baik itu antusiasme dari para peserta yang hadir, maupun antusiasme para pemilik brand kecantikan untuk mensponsori acara kami tersebut.

Nah, salah satu sponsor utama kami saat acara kemarin adalah X2, brand Softlens besar di Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 2010.

Sebenarnya, waktu ditawarin untuk pakai softlens, aku grogi, karena belum pernah pakai softlens sebelumnya. Bagiku yang alhamdulilah dikaruniai sepasang mata yang belum memiliki masalah berarti sampai saat ini umur kepala 3, pakai softlens itu kayak suatu hal yang jauh di luar pemikiran deh. Karena takut perawatannya ribet, takut ga cocok, takut alergi, dan ditambah suami ku tersayang ternyata juga lebih suka melihat mata coklat ku yang aduhaaai (tolong ditahan jangan muntah dulu ya. LOL!), jadilah mataku ini belum pernah tersentuh softlens.

Challenge accepted!

Akhirnya aku memutuskan untuk mencoba softlens dari X2. Nah, karena aku punya masalah mata minus 0.25 di sebelah kanan dan 0.5 di sebelah kiri, maka dengan lugunya aku meminta ukuran tersebut pada X2 untuk dicoba.

oi000110-01831375907.jpeg

X2 memberiku seri softlense X2 ICE No.1 warna “Blue” dengan ukuran minus 0.25 kiri dan kanan. By the way, ini aku baru tahu juga, kalau ternyata beli softlens itu tidak bisa beda ukuran mata kanan dan mata kiri seperti kalau kita membeli kaca mata. Hahaha..
Tolong dimaafkan keluguanku yang menyerempet pada hal-hal dodol ya pemirsa.

Ini dia tampilannya saat ku pakai.

img20181105104247-01-329317222.jpeg

 

Untuk kemasan, X2 ICE ini cukup ramping dan ringkas. Penjelasannya pun ditulis di bagian dalam kardus , bukan berupa selipan kertas yang biasa kita temui kalau beli obat.

oi000112-011404797474.jpeg

Oh iya, X2 juga sangat thoughtful karena selain memberi softlens, mereka juga memberi ICE All in 1 MULTI PURPOSE CONTACT LENS SOLUTION, yang berfungsi sebagai cairan untuk membersihkan softlens setelah selesai dipakai dan sekaligus juga sebagai cairan perendam untuk penyimpanan softlens.

img20181105233102-01-1862230920.jpeg

Mereka juga menyertakan tempat untuk menyimpan softlens yang sudah dipakai. Wiih lengkap pokoknya. Aku jadi semangat banget untuk mulai nyobain pakai softlens.

Kesan pertamaku saat memakai softlens dari X2 ini : “Wow, ternyata gampang ya! Ga se menyeramkan itu!” . Aku mengikuti petunjuk pemakaian yang ada di dalam kemasan box X2 itu, dan langsung bisa pakai dalam waktu kurang dari 5 menit! Oh my god,Β  ku terharu!

Untuk rasa saat dipakai, karena benar-benar ini adalah pertama kalinya aku menggunakan softlens, aku merasa canggung dan rasa yang awalnya mengganjal . Setelah berhasil terpasang dengan benar di mata, pertama kali yang kulakukan adalah mengedip berkali-kali supaya softlens bisa mudah beradaptasi . Selanjutnya aku juga memijat di bagian pangkal mata supaya mataku menjadi lebih basah oleh air mata, jadi tidak merasa perih.

Ternyata ada perbedaan sensasi antara mata kanan dengan mata kiri. Mata kanan lebih cepat dan mudah beradaptasi dengan softlens, sedangkan mata kiri mengalami rasa mengganjal yang lebih intens, dan perlu waktu adaptasi lebih lama. Kenapa seperti itu ya? Hmm.. nanti aku akan mencari tahu lebih lanjut.

Setelah 1 jam pemakaian, aku mulai merasa adanya sensasi mata gatal dan fokus mata yang kadang menjadi kabur. Aku tidak tahu apa yang menyebabkan hal itu, namun dugaanku adalah, karena aku memakai softlens dengan ukuran minus, maka mataku sedang menyesuaikan dirinya. Aku jadi berpikir untuk mencoba ukuran normal saja untuk lain kali. Karena sebetulnya ukuran minus 0.25 belum terlalu parah, sehingga lebih baik menggunakan ukuran lensa normal saja.

oi000113-01-932232646.jpeg

Pada bagian bawah box softlens X2 ICE ini, kita bisa menemukan keterangan yang bagiku sangat asing. Setelah dicari-cari, ternyata seperti ini arti dari keterangan di kemasan tersebut :

  • SPH

Ini adalah keterangan normal, minus, dan silinder mata. SPH nya β€œ-0.25” berarti ukuran lensa nya adalah -0.25 .

  • BC

BC adalah singkatan dari Base Curve yaitu tingkat lengkung softlens. Satuannya milimeter (mm). Konon semakin kecil nilai BC , maka akan semakin nyaman digunakan. Tertulis BC nya adalah 8.60 mm, dengan tingkat lengkung segitu, softlens sudah cukup nyaman dipakai kok.

  • Diameter

Di kemasan disinkat dengan β€œDIA”, adalah besar diameter softlens dengan satuan milimeter (mm). Nah untuk X2 ICE ini diameternya adalah 14.5 mm. Ga heran saat dipakai ia memberi efek pupil lebih besar, karena ukuran diameter softlens yang menyerupai pupil mata adalah 14 mm.

  • Exp

Keterangan ini adalah keterangan tanggal kadaluarsa softlens. Saat ini tersedia softlens yang masa disposable-nya 1 hari, 3 bulan, 6 bulan, dan 1 tahun. Perlu kita ketahui bahwa masa disposable dihitung sejak pertama kali kita membuka kemasan softlens. Jadi kalau kita pakai yg disposable 3 bulan dan mulai dipakai di bulan November 2018 maka harus ganti di akhir Januari 2019, bukan mengikuti tanggal exp yang tercantum di kemasan.

Secara keseluruhan, kesan pertamaku menggunakan softlens ini ternyata cukup menantang. Walaupun ternyata rasanya tidak nyaman, tapi kuakui softlens X2 ICE ini memiliki karakteristik yang unik dan bisa membuat tampilan kita jadi beda. Cocok banget untuk kalian yang ingin tampil beda dari biasanya.

Apakah kapok pakai softlens?

Well, ngga kapok juga si. Tetapi lain kali aku akan mencoba warna yang lebih natural seperti coklat dan juga variasi diameter yang lain untuk mengetahui ukuran mana yang paling cocok denganku.

 

Mollie (1)

Advertisements

12 thoughts on “[review] X2 Ice Softlens No.1 Blue

  1. Gpp klo ga rempong bukan emak2 namanya, ya gak? πŸ˜†, aku sejak temenan sama kamu jd inget sahabat aku jaman kuliah persisssss bgtt sifatnya πŸ˜ƒ

    Like

Leave your tread here please :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.