Skincare 101 by Mollie part 2

WhatsApp Image 2018-04-20 at 00.54.21

Mari kita lanjutkan pembahasan dari Skincare 101 by Mollie part 1 .

Aku coba jelasin singkat masing-masing langkah dari rutin skincare ku yah.

So here we go :

Rutin Pagi

 

  1. Cuci Muka

Aku mencuci muka di pagi hari dengan facial wash yang lembut dan bebas dari kandungan SLS (sodium lauryl sulfate). Kandungan sls bisa menyebabkan kulitku jadi super kering dan timbul deh aneka permasalahan kulit seperti ezcema.

2. Hydrating Toner

Toner di sini bukan toner seperti merk Viva yang mengandung alkohol dalam jumlah tinggi. Aku menggunakan toner yang berfungsi untuk menyeimbangkan kadar pH kulit ; selain itu toner juga mempersiapkan kulit muka kita agar bisa menyerap produk yang kita pakai setelahnya. Kulit lembab = penyerapan produk skincare maksimal.

3. Essence

Pada dasarnya Essence adalah gabungan antara toner dan serum. Ia bekerja sempurna dalam melembabkan kulit wajah. Seperti rumus penyerapan yang sudah aku tulis di atas, penggunaan essence ini meningkatkan kinerja serum yang dipakai sesudahnya sehingga kulit kita bisa tampak lebih muda.

4. Serum

Serum memiliki kandungan bahan aktif yang lebih tinggi dibandingkan dengan esssence/toner/cream. Itu sebabnya serum menargetkan permasalahan kulit yang spesifik. Contohnya, keriput, bintik hitam, kulit dehidrasi, jerawat, dll.

Serum bisa kita pakai di seluruh wajah atau hanya pada titik-titik tertentu yang membutuhkan perawatan lebih. Pakainya juga tidak perlu terlalu banyak, karna konsentrasi kandungan didalamnya sudah tinggi.

5. Eye Cream

Aku memakai eye cream supaya kulit di sekitar mata ku tidak kering. Karena ngaruh banget loh gaes, ketika pakai concealer, kalau kulit sekitar mata kering, ngeblend nya jadi susah banget!

Cara pakainya, gunakan jari manis (jangan pakai telunjuk apalagi jempol, karena tekanan jari tersebut terlalu kuat. Pakai jari manis atau kelingking yaa) untuk menotol eye cream di area sekitar mata. Hindari terlalu dekat dengan mata supaya tidak iritasi/pedih. Ratakan pelan-pelan. Pakai tipis saja.

6. Moisturizer

Moisturizer berfungsi untuk mengunci kelembaban wajah kita setelah diberi beraneka produk untuk menutrisi wajah.

7. Sunscreen

Sunscreen ini penting banget dipakai. Hukunya wajib, fardu ain. Walaupun di rumah, tetep kudu wajib pakai sunscreen ini. Karena, walaupun di rumah, tetep kan pasti ada saat-saat kena sinar matahari dari jendela rumah, atau keluar rumah untuk jemur pakaian, ke warung, nemuin pacar yang lagi apel ūüėā. Bahkan sinar dari lampu rumah pun memancarkan radiasi UV loh.

Minimal aku saranin pakai spf30. Untuk yang ingin tau lebih jauh tentang sunscreen, kenapa aku saranin pakai minimal spf30, silahkan Googling dulu ya. Saat ini aku belum membuat bahasan detail tentang sunscreen.

 

Rutin Malam

 

  1. Double Cleansing
  • Oil based face cleanser

Untuk pembersihan muka di malam hari, aku pakai metode 2 kali membersihkan dengan didahului memakai pembersih berbahan dasar minyak. . Sisa-sisa minyak yang ada di pori-pori muka kita akan lebih bersih terangkat jika dibersihkan dengan minyak juga. Caranya, ambil produk pembersih secukupnya (Bisa minyak zaitun atau cleansing balm atau milk cleanser, dll) di telapak tangan, lalu usapkan ke muka. Gosok dengan lembut muka kita, lalu bilas menggunakan waslap bersih dan air hangat. Pakai air dingin juga bisa, tapi memang perlu diulang beberapa kali untuk memastikan produk pembersih benar-benar terangkat.

Oiya, kalau aku abis pakai makeup, biasanya aku pertama angkat dulu makeup dengan makeup remover dan micellar water. Kenapa? kok ribet banget si berlapis lapis. Aku lebih baik ribet sedikit dalam urusan pembersihan ini, karena mukaku gampang banget jerawatan. Ada sisa makeup sedikit aja bisa beresiko memunculkan jerawat-jerawat cantik. Jadi apalah arti ribet, demi wajah bersih..

Ya kan?

  • Water based face cleanser

Setelah itu, lanjutkan dengan membersihkan muka menggunakan pembersih wajah berbasis air , yang digunakan biasanya dengan cara mencuci wajah dengan foam atau facial gel , lalu dibilas dengan air untuk membersihkan sisa-sisa residu pembersih sebelumnya dan juga seluruh kotoran yang masih menempel di wajah.  Kalau bisa hindari yang memiliki kandungan SLS (Sodium Lauryl Sulfate) , karena bahan ini seringkali bikin muka kita jadi kering.

2. Exfoliating

  • Chemical : Exfoliating Toner

Atau

  • Physical : Scrub, dll

Exfoliate atau peeling itu tahapan penting untuk mengangkat sisa-sisa kulit mati di wajah. Sisa-sisa kulit mati itu kalau tidak dibersihkan dengan tuntas secara berkala, bisa menimbulkan aneka permasalahan kulit loh, contohnya jerawat dan milia.
Contoh produk untuk exfoliating , ada yang berbentuk toner (dipakai dengan kapas), ada juga yang berbentuk scrub untuk wajah. Apapun bentuknya, kita tidak boleh melakukan eksfoliasi muka setiap hari ya. Paling banyak yang biasa dianjurkan itu 3 kali seminggu.
Tahapan eksfoliasi dilakukan setelah muka kita tuntas dibersihkan ya.
Memang ada produk yang membolehkan untuk dipakai setiap hari, biasanya ditulis mild peeling atau daily peeling . Tapi tetap, pada prinsipnya proses eksfoliasi itu mengikis lapisan kulit di muka, jadi setelah melakukan eksfoliasi ini wajib diberikan hidrasi / pelembab dan dilindungi dengan sunscreen di siang hari.

3. Hydrating Toner

Sama seperti tahapan rutin pagi, beri muka kita kelembaban ekstra dengan pemberian toner, supaya nutrisi-nutrisi selanjutnya bisa terserap sempurna.

4. Essence

Lanjutkan dengan pemakaian essence seperti di pagi hari.

5. Serums

Untuk serum malam, aku memakai yang kandungannya lebih kuat, misal mencerahkan, anti aging, pokoknya bahan bahan yang bagus banget untuk dipakai di malam hari.

6. Sheet Mask

Sheet mask ini adalah masker dengan bentuk sehelai kertas tipis yang diberi banyak essence untuk berbagai khasiat (banyak banget varian sheet mask di pasaran, kita bisa pilih sesuai kondisi kulit wajah kita). Yang perlu diingat, sheet mask ini beda dengan masker yang cara pakainya , setelah pakai masker muka kita harus dibersihkan lagi, seperti peel off mask, wash off mask, clay mask ..

Sheet mask ini fungsinya menambah kelembabab ekstra untuk muka , sedangkan masker yang aku tuliskan di atas, fungsinya lebih untuk membersihkan muka. Itu dia setelah penggunaan sheet mask, haram hukumnya cuci muka. Pemakaian sheet mask juga ga boleh lama-lama ya, biasanya maksimal 20 menit, sheet mask harus dilepas, supaya tidak menarik kembali kelembaban dari wajah.

7. Eye Cream

Jangan lupa eye cream, biar area mata bebas dari warna hitam, dan juga keriput yaa.

8. Moisturizer

Di malam hari, moisturizer ini penting banget untuk mengunci segala jenis produk yang udah kita pakai dari awal. Ketika kita tidur, kulit wajah akan mengkonsumsi nutrisi yang kita kasih, dan moisturizer ini membuat aneka nutrisi tersebut awet sampai pagi, jadi ga keburu nguap kena udara / AC (kalau tidur dengan AC).

9. Sleeping mask

Sebenernya poin ini tambahan, untuk kalian yang memiliki muka berminyak seperti aku, bisa saja merasa cukup langkahnya sampai moisturizer. Tetapi untuk kalian dengan muka kering, sepertinya sleeping mask ini opsi yang perlu rutin diterapin supaya muka kamu bisa lembab paripurna.

Aku pun walaupun memiliki muka berminyak, tetep pakai sleeping mask. Karena ternyata, penggunaan sleeping mask betul-betul berhasil membuat muka kenyul kenyul di pagi hari. Dan tekstur mukaku betul-betul bagus.

Yes, itu dia rangkaian skincare yang aku pakai sehari-hari saat ini. Aku sudah memakai metode ini sekitar 8 bulan, dan hasilnya betul-betul WOW!

Produk apa aja yang aku pakai? Selanjutnya aku akan bahas satu persatu di postingan terpisah yaa.

Selain dari perawatan muka dari luar, jangan lupa untuk selalu hidup sehat.

Hindari gula yang berlebihan, makan banyak buah dan sayur, istirahat tidur malam yang cukup. InsyaAllah kalau semuanya diamalkan dengan istiqomah, kulit wajah kamu bakalan menunjukkan perbaikan dan peningkatan yang signifikan deh.

Selamat ber-skincare ria!

~xo

4 thoughts on “Skincare 101 by Mollie part 2

  1. Gapapa put, tapi masker yang Sheet mask ya yang bisa tiap hari.. Kalau pakai masker yang lain, trs ga diimbangi hidrasi yang cukup, takutnya mukanya justru jadi bermasalah nanti..

    Liked by 1 person

Leave your tread here please :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s